Panduan Umum
Tutorial

Cara Membersihkan AC Mobil

Ketahui cara membersihkan AC mobil sendiri di rumah, supaya tidak terlalu sering ke bengkel dan bisa menghemat biaya perawatan kendaraan.

AC adalah bagian penting pada kendaraan roda empat yang harus dirawat secara rutin. Tidak harus selalu ke bengkel karena sebenarnya cara membersihkan AC mobil tidak terlalu sulit dan bisa dikerjakan sendiri di rumah.

AC yang jarang dibersihkan tidak bisa berfungsi secara maksimal dan lama-lama akan rusak. Padahal, fungsi AC pada mobil adalah untuk membuat udara dalam kabin tetap sejuk sehingga nyaman digunakan selama perjalanan.

Ac Mobil

Layanan servis di Tangerang menyediakan perawatan dan perbaikan sistem pendinginan kendaraan, memastikan kenyamanan dalam berkendara dengan layanan berkualitas tinggi untuk AC dan servis mobil secara keseluruhan.

Baca: 5 HP Cina Paling Laku di Indonesia

Cara Membersihkan AC Mobil Tanpa ke Bengkel

Biaya perawatan AC mobil di bengkel bisa mencapai Rp1 jutaan, bagi sebagian orang nominal tersebut cukup menguras kantong. Tapi kalau membersihkan AC mobil sendiri tanpa ke bengkel, hanya dibutuhkan biaya Rp250.000 saja bahkan kurang dari itu.

Langkah membersihkan AC mobil sendiri di rumah juga tidak begitu sulit, yaitu sebagai berikut.

1. Letakkan Mobil pada Posisi yang Aman

Langkah pertama yaitu mencari tempat yang aman untuk meletakkan mobil sebelum AC dibersihkan. Cari tempat yang cukup luas dan tidak terlalu banyak debu, supaya sirkulasi udara tidak terganggu. Garasi rumah bisa menjadi alternatif tempat untuk memarkir mobil selama AC dibersihkan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti sikat gigi, cairan pembersih, lap, brush, dan juga tissue.

2. Cari Letak Blower

Selanjutnya, cari dimanakah letak blower AC mobil. Biasanya, produsen menempatkan blower AC pada bagian bawah laci atau glove box, yang ada di sisi dashboard. Buka glove board lalu carilah filter AC yang bentuknya persegi panjang. Ambil filter supaya tahu dimana letak blower AC.

Raba pada bagian filter yang telah dicopot tadi untuk mengetahui apakah blower ada di bawah atau di atas. Hal yang perlu dicatat pada langkah ini yaitu gunakan obeng plus (+) saat akan membuka glove box.

3. Periksa Filter AC

Jika sudah, sekarang saatnya memeriksa kondisi filter AC, apakah sudah kotor atau masih relatif bersih. Jika filter AC tidak begitu kotor, cukup bersihkan dengan sikat saja sampai semua debu dan kotoran yang menempel jatuh.

4. Taruh Cairan Pembersih di Sebelah Blower

Langkah dan cara membersihkan AC mobil sendiri berikutnya yaitu meletakkan cairan pembersih tepat di sebelah blower. Sebelumnya, kocok dulu botol cairan supaya isinya bercampur merata. Selanjutnya, posisikan kaleng cairan pembersih di sebelah blower dengan arah menghadap blower.

Setelah itu, nyalakan AC mobil sekitar 5 menit untuk menghilangkan embun. Selanjutnya, semprotkan pembersih ke arah blower. Ingat, pilih pembersih AC yang berbentuk cairan ataupun foam dalam kemasan botol semprot agar mudah menggunakannya.

5. Penyelesaian

Selesaikan langkah untuk membersihkan AC mobil sendiri dengan membersihkan selang-selang ventilasi pada AC agar tidak tersumbat. Ambil lidi lalu tusukkan ke selang agar kotoran bisa keluar. Terakhir, pasang lagi filter AC pada posisi semula.

Lihat Juga: HP Samsung vs iPhone, Lebih Bagus Mana?

Filter Ac Mobil

Bersihkan filter AC mobil di servis Jakarta Utara untuk menjaga udara bersih di kabin.

Cara membersihkan AC mobil tidak terlalu rumit sehingga sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Membersihkan AC mobil tanpa harus ke bengkel tentunya bisa menghemat biaya yang lumayan untuk kendaraan Anda.

Posted by
Muhammad Syarif

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *